Pengertian Internet

pengertian internet

Pengertian Internet merupakan jaringan komputer yang Berhubungan dengan Internet Protocol (IP) Transmission Control Protocol (TCP).

Diperkembangan Zaman yang modern saat ini banyak sekali pengguna teknologi yang menggunakan jaringan internet. Hampir semua umur menggunakannya, mulai dari anak – anak sampai orang tua.

Mereka menggunakan internet dengan berbagai tujuan, karena internet ini merupakan sebuah jaringan dengan banyak fungsi, bisa digunakan untuk mengakses informasi sampai mencari hiburan seperti, Youtube, Instagram dan juga Facebook.

Internet ini juga bisa digunakan dari berbagai aspek pekerjaan. Bukan sebuah rahasia pula jika kalian ingin mencari sebuah resep makanan bahkan sampai tempat tempat yang ingin kalian kunjungi.

Dan pada setiap rumah makan, lingkungan perkantoran dan ruang terbuka hijau sekarang menyediakan fasilitas Wifi yang memungkinkan banyak orang untuk mengakses internet.

Lalu Apakah kalian semua mengetahui apa itu Internet? dan seperti apa bentuk dari internet itu? bahkan banyak pengguna yang tidak mengetahui apa itu internet. Padahal mereka sudah menggunakan nya untuk memudahkan banyak pekerjaan mereka.

Untuk kalian yang belum mengetahui apa itu Internet? Bagi kalian yang tidak mengetahui Pengertian Internet kalian bisa membaca penjelasan yang sudah dijelaskan dibawah ini.

Pengertian Internet

pengertian internet

Pengertian Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terhubung dengan satu atau lebih media elektronik dengan standart protocol yang biasa disebut dengan Internet Protocol (IP) Transmission Control Protocol (TCP).

IP/TCP inilah yang biasanya digunakan oleh banyak orang dari seluruh belahan dunia. Ini berarti banyak orang denagn jarak yang jauh bisa berkomunikasi dengan menggunakan sebuah jaringan Internet.

Jaringan Internet atau Koneksi Internet ini adalah sebuah gambaran yang berkaitan dengan perkembangan teknologi dalam kehidupan dengan tujuan memfasilitasi dan juga memudahkan untuk berkomunikasi.

Pengertian internet sebagai sebuah sistem ini memberikan pelayanan seperti surat elektronik (Email), World Wide Web, ataupun Newsgroup.

TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol)

TCP / IP dimulai dengan kelahiran ARPANET, jaringan packet-switched digital yang dibiayai oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) ditahun 1969.

ARPANET terus melakukan perkembangan, sehingga protokol yang digunakan pada awal berdirinya sudah tidak digunakan lagi dan saat ini bisa menampung node dengan jumah yang semakin banyak. Oleh sebab itu, DARPA membiayai pembuatan protokol komunikasi yang umumnya digunakan, yaitu TCP / IP Itu dimasukkan dalam standar ARPANET ditahun 1983.

Untuk menyederhanakan proses konversi, DARPA juga membiayai proyek yang mengimplementasikan protokol ini di BSD UNIX, lalu bisa dimulainya penggabungan antara UNIX dan TCP / IP.

Baca Juga:  Cara Melihat Mac Address Laptop

Awalnya Internet dibuat untuk bisa digunakan untuk merujuk ke jaringan dengan menggunakan Internet Protocol (IP). Dengan berkembangnya jaringan, istilah ini sekarang menjadi suatu yang umumnya digunakan untuk seluruh jenis jaringan. Internet ini juga digunakan pada komunitas jaringan komputer global yang bisa dihubungkan oleh protokol TCP / IP.

Transmission Control Protocol / Internet Protocol (TCP / IP) adalah protokol standar yang dirancang untuk digunakan melalui koneksi komputer, baik itu LAN atau WAN. TCP / IP adalah sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data di Internet.

TCP / IP dikembangkan oleh US Department of Defense (DoD), atau dalam bahasa Indonesia oleh US Department of Defense. Penelitian ini dimulai pada tahun 1969. Hubungan antar komputer dalam TCP / IP tidak dibatasi oleh jenis komputer atau sistem operasinya, misalnya: menghubungkan PC IBM ke komputer Machintosh.

Kalian juga bisa menghubungkan sistem operasi Windows ke Linux atau sistem operasi lain. Di Microsoft Windows, pengaturan TCP / IP terdiri dari: Klik di sini alamat IP, subnet mask, gateway standar, server DNS dan server WINS.

Alamat IP

Alamat IP adalah nomor alamat yang ditetapkan ke komputer yang terhubung ke jaringan. Layaknya alamat di dalam rumah, alamat di komputer berbeda-beda. Alamat IP terdiri dari dua bagian: ID jaringan dan ID host.

Alamat IP terdiri dari 4 kelompok angka desimal. Setiap nomor kelompok memiliki nomor biner 8-bit. Nilai total dari alamat IP adalah bilangan biner 32-bit. Saat menulis, 4 kelompok angka desimal dipisahkan oleh titik (.) …

Misalnya, berikut adalah ilustrasi dari alamat IP: 131.107.16.200

Dua kelompok pertama nomor 131.107. mewakili identifikasi jaringan dan dua kelompok nomor kedua, yaitu 16.200. adalah ID host.

Saat digunakan, alamat IP terbagi menjadi 2 kelompok yaitu alamat publik dan alamat pribadi. Perbedaan dalam kelompok ini terletak pada penggunaannya.

Alamat publik adalah alamat IP yang digunakan untuk komunikasi di Internet. Alamat pribadi adalah alamat IP yang digunakan untuk komunikasi di jaringan yang tidak terhubung langsung ke Internet.

Subnetmask

Subnet mask adalah angka yang digabungkan dengan alamat IP untuk mengidentifikasi jaringan komputer kalian, baik jaringan lokal atau jaringan global. Subnet mask juga digunakan untuk membedakan antara ID jaringan dan ID host.

Baca Juga:  Cara Menonaktifkan Windows Defender

Subnet mask terdiri dari bilangan biner 32 bit, yang secara tertulis terdiri dari 4 kelompok. Setiap grup dipisahkan oleh titik (.) Yang sesuai dengan alamat IP. Namun, nomor subnet mask dimasukkan dari 0 hingga 255. Subnet mask default menggunakan salah satu angka. 0 atau 255, tetapi angka lain dapat digunakan.

Gateway standar

Gateway standar adalah router IP yang digunakan sebagai gateway untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan dengan subnet yang berbeda. Misalnya: Dipastikan bahwa komputer di jaringan A dengan subnet 192.168.0.1 dan jaringan B dengan subnet 192.168.10.1 tidak dapat berkomunikasi untuk berkomunikasi. Diperlukan router IP dan media komunikasi jaringan router

Domain Name System (DNS) adalah sistem yang dapat menerjemahkan alamat IP menjadi nama host. DNS digunakan untuk mempermudah akses komputer di Internet atau intranet hanya dengan memasukkan nama host. Format untuk menentukan nama host di Internet menggunakan arsitektur hierarki.

Sejarah Internet

sejarah internet

Pada 1960-an, Departemen Pertahanan AS meluncurkan sistem jaringan yang disebut ARPANET melalui Advanced Research Projects Agency, yang juga disingkat ARPA.

ARPANET ini adalah asal muasal teknologi internet. Pada 1980-an, Internet digunakan oleh kalangan terbatas dan melayani tujuannya dengan menghubungkan berbagai lokasi atau universitas yang populer di Amerika Serikat sendiri.

Protokol standar TCP / IP sendiri diterbitkan pada tahun 1982. Keberadaan nama domain juga digunakan empat tahun kemudian, tepatnya tahun 1984. National Science Foundation Network (NSFNET) kemudian dibentuk dan pengembangan dimulai pada tahun 1986.

NSFNET ini menggantikan peran ARPANET sebagai platform penelitian terkait di AS. Berbagai jaringan internasional di banyak negara akhirnya mulai berkembang dan terkoneksi melalui NSFNET.

ARPANET diresmikan pada tahun 1990. Namun, internet sendiri terus berkembang hingga sekarang. Di masa lalu, satu-satunya informasi yang dapat diperoleh dari Internet adalah informasi berbasis teks.

Dan pada tahun 1990 CERN mulai lagi mengembangkan layanan berbasis tampilan grafis serupa yang disebut WWW (World Wide Web). Pada tahun 1993, InterNIC didirikan untuk melayani pendaftaran domain publik. Sekitar tahun 1994 Internet masuk ke negara kita Indonesia.

Dampak dari Internet

dampak penggunaan internet

Saat menggunakaninternet terkadang ada pengaruh positif dan negatif. Beberapa damapk positif dan negatif nya antaralain sebagai berikut.

1. Dampak Positif

Dibawah ini merupakan dampak positif internet, antara lain:

  • Memfasilitasi pengumpulan informasi

Salah satu hal paling menyenangkan tentang internet adalah banyaknya informasi yang beredar di ponsel atau laptop. Tidak seperti di masa lalu, kalian harus pergi ke perpustakaan untuk mendapatkan banyak informasi.

  • Membantu memecahkan masalah dan tugas.
Baca Juga:  Cara Defrag Disk Windows 7

Kami para pelajar juga merasakan hal ini, banyak informasi bahkan ada aplikasi pembelajaran yang menggunakan internet dan dapat diakses dengan cepat, mudah dan dalam proses yang interaktif.

  • Memiliki hiburan

Kita pasti tahu banyak sekali pilihan hiburan yang bisa kita nikmati di internet baik itu hiburan seperti menonton video di youtube, mendengarkan lagu di Spotify, dan lain-lain.

  • Memfasilitasi bisnis

Perkembangan internet juga mempengaruhi perkembangan bisnis saat ini. Siapa yang tidak memiliki jejaring sosial hari ini? Situs web? atau fasilitas internet lainnya? Ini adalah saluran yang dapat digunakan orang untuk menjual bisnis online mereka melalui internet.

  • Fasilitasi proses komunikasi

Mereka menyadari bahwa saat ini sangat mudah untuk bertemu karena internet memudahkan kita untuk saling berkomunikasi.

2. Dampak Negatif

Di bawah ini adalah dampak negatif dari internet antara lain:

  • Terjadinya cyberbullying

Hal ini terkadang berbahaya karena banyak sekali masalah cyberbullying di internet yang dalam hal ini sangat sulit untuk menyembunyikan privasi di internet juga.

  • Perilaku dan konten negatif yang tidak bagus untuk dilihat

Untuk Internet, kita harus berhati-hati saat menggunakannya. Oleh karena itu sangat disarankan agar kalian menghindari penggunaan Internet untuk aktivitas yang tidak berguna.

  • Meningkatnya masalah penipuan dan penyebaran penipuan

Ini juga hal biasa, yang tidak pernah ditipu Menurut saya semua orang pasti pernah mendapat berita palsu di internet, atau kita sering menyebutnya HOAX. Semoga tidak banyak berita tentang HOAX selama kita sebagai pengguna lebih pintar dalam menggunakan internet.

  • Adanya kejahatan dunia maya, yaitu kejahatan di Internet seperti penipuan.

Siapa yang suka berbelanja online? Nah, salah satu dampak negatif dari internet adalah memungkinkan terjadinya penipuan, atau sering kita sebut dengan cyber crime. Kita harus tetap berhati-hati saat menggunakan fasilitas internet yang kita gunakan.

  • Adat budaya mulai ditinggalkan

Seharusnya tidak demikian halnya, tetapi teknologi berkembang karena keterbukaan berarti kita harus meninggalkan kebiasaan baik yang dapat kita terapkan dengan semestinya.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Internet dan Sejarah Perkembangan nya. Banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu jaringan internet. Semoga Penjelasan diatas dapat berguna dan juga bermanfaat untuk kalian semuanya. Terima Kasih.

You May Also Like

About the Author: Raffasya Nayanika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *