Cara Reset HP Android

Cara Reset HP Android

Cara reset HP Android atau factory reset membuat smartphone kembali ke pengaturan pabrik jika lupa pin/Password atau masalah bootloop pada Android

Diperkembangan zaman diera digital ini membuat banyak nya teknologi teknologi baru yang dibuat oleh manusia, salah satunya Smartphone.

Banyak sekali jenis jenis smartphone canggih yang bertebaran saat ini seakan ponsel sudah menjadi kebutuhan primer karna kebanyak orang tidak bisa dilepaskan dari posel kesayangan nya.

Semakin banyak jenis jenis smartphone yang diciptakan semakin banyak pula aplikasi aplikasi yang menunjang ponsel tersebut. Aplikasi penunjang ponsel ini terkadang akan membuat ponsel kalian menjadi lemot dan stuck.

Tidak jarang pula ponsel menjadi bootloop karne saat mengupdate aplikasi tidak selesai 100%. Jika ini terjadi pada kalian cara paling mudah nya kalian harus mereset smartphone kalian agar memulihkan semua kendala dan masalah yang ada pada smartphone kalian.

Mereset ponsel ini juga tidak hanya di gunakan jika ponsel bermasalah. Kalian bisa mereset menjadi setelah pabrik jika kalian ingin menjual smartphone kalian karna tidak mungkin dong seorang pembeli menggunakan aplikasi aplikasi yang sama dengan yang kalian gunakan.

Bagi kalian yang belum mengetahui Cara Reset HP Android kalian bisa mengikuti beberapa cara yang sudah dijelaskan dibawah ini, jadi ponsel kalian bisa kembali ke setelan awal lagi.

Cara Reset HP Android

Fitur mereset ponsel ini biasanya sudah ada dan tersedia di masing masing ponsel yang kalian gunakan. Ada berbagai merek ponsel yang di jual di pasaran saat ini pasti memiliki fitur untuk mengetur ke setelan pabrik.

Cara reset HP Android ini dibeberapa smartphone berbeda beda, akan tetapi sangat mudah untuk dilakukan. Ada 3 cara yang bisa kalian lakukan untuk mereset ke pengaturan pabrik.

Baca Juga:  Cara Logout Gmail di Android

Semua cara ini sangat sering digunakan oleh pengguna ponsel android untuk mereset ponsel yang hang, lola atau bahkan bootloop.

Cara Reset HP Android

1. Reset dengan Pengaturan Smartphone

Cara pertama untuk mereset ponsel kalian adalah dengan menggunakan pengaturan yang ada didalam smartphone kalian.

Cara ini tidak membutuhkan aplikasi tambahan dari pihak kedua, jadi kalian bisa langsung mereset ponsel Android kalian.

Untuk ponsel merek oppo, samsung, xiaomi bisanya hanya dengan menggunkan cara ini bisa lah mereset ponsel secara otomatis, akan tetapi untuk ketiga merek terbut tentunya sedikit berbeda tempat dan jenis pengaturan tergantung masing masing developer.

Kalian bisa mengikuti langkah langkah yang ada dibawah ini untuk mereset hp Android kalian, antar lain:

  • Buka menu Pengaturan yang ada pada smartphone kalian
  • Setelah itu cari menu Backup & Reset, agar lebih mudah kalian bisa menggunakan fitur search
  • Setelah itu klik Factory Reset Data
  • Tunggu sampai semua proses selesai
  • Setelah ponsel ter-restart, ponsel kalian sudah kembali ke pengaturan pabik

Jika kalian melakukan factory reset data jangan lupa untuk melakukan backup data atau file yang ada pada ponsel kalian, jadi setelah selesai mereset kalian bisa memulihkan data yang sudah kalian backup sebelumnya.

2. Reset HP Android dengan Recovery Mode

Mode Recovery adalah cara yang paling umum digunakan untuk mereset HP Android kembari pengaturan pabrik. Hampir semua smartphone memilik fitur recovery ponsel dan juga dengan cara yang berbeda beda pula.

Jika kalian ingin menggunakan recovery mode kalian bisa menggunakan beberpa tombol yang ada pada ponsel dan diteken scara bersamaan.

Dibawah ini adalah cara cara menggunakan mode recoveri dari berbagai majam merek ponsel Android, antara lain sebagain berikut:

  • Xiaomi : Power + Volume Atas
  • Vivo : Power + Volume Atas
  • Asus : Power + Volume Atas
  • Oppo : Power + Volume Bawah
  • Samsung : Home + Power + Volume Atas
Baca Juga:  Cara Download Video Instagram

Jika kalian sudah memasuki menu recovery kalian hanya bisa menggunakna tombol volume untuk navigasi dan memilih.

Setelah itu kalian pilih menu Wipe Data / Factory Reset, tunggu sampai HP Android kalian otomatis mereset semua nya. Tunggu semua proses pembersihan 100% selesai.

Setelah semua selesai ponsel kalian akan hidup kembali seperti saat pertama kali kalian membeli ponsel kesayangan kalian.

Note: Jika kalian tidak ingin kehilangan semua data yang ada pada ponsel kalian jangan lupa untuk membackup semua data, bisa dengan Akun Google, Akun Cloud, atau mentransfer nya ke laptop.

Cara Reset HP Android

3. Reset HP dengan Akun Google

Cara Reset Hp Android yang terakhir adalah dengan menggunakan akun Google yang terkait dengan ponsel kalian. Mungkin sedikit membingungkan, akan tetapi cara ini sangat efektif jika HP kalian ilang atau dicuri, jadi semua data yang ada ada pada ponsel tidak tersebar.

Kalian juga bisa mengendalikan ponsel kalian dari jarang yang jauh, jadi kalian bisa mengunci HP kalian. Kalian bisa mengikuti langkah langkah yang ada dibawah ini.

  • Buka situs android.com/fine lalu kalian bisa login dengan Akun Google
  • Setelah kalian login ada beberapa menu pilihan seperti Hapus dan Kunci.
  • Kalian bisa memilih menu Hapus Untuk menghapus semua data yang ada pada ponsel kalian.
  • Semua data akan otomatis terhapus kecuali jika kalian menyimpan data pada kartu Memory SD
  • Dan HP tersebut akan otomatis merestart.

Jika semua proses diatas sudah kalian lakukan, kalian tinggal mengunci ponsel yang sudah hilang tersebut dan akan diharuskan untuk login Akun Google.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Kontak HP

Fitur ini biasa digunakan untuk HP yang hilang atau dicuri, dan sebelum nya kalian juga bisa melacak ponsel tersebut jika ponsel itu memiliki jaringan internet yang aktif.

Fungsi dari mereset ponsel Android

Banyak sekali fungsi yang bermanfaat dari mereset ponsel Android, tidak hanya untuk mengatasi masalah bootloop dan hang pada ponsel tapi juga bisa membersihan semua sampah yang ada pada ponsel kalian.

Dengan mereset HP Android kalian juga bisa dengan mudah menghapus semua pengaturan pengaturan yang ada pada ponsel maupun aplikasi yang kalian instal.

Dan juga tidak hanya untuk menghapus semua data dan file jika HP kalian hilang atau dicuri tapi juga bisa mengatasi masalah lainnya seperti :

Lupa kata sandi atau pola kunci layar, Jika kalian lupa kata sandi pin pada HP kalian karena sudah kebiasan mengggunakan Finger atau scan wajah kalian bisa mereset seperti awal lagi, akan tetapi jika kalian ingin mencoba mengingat pin kata sandi kalian bisanya memiliki jeda beberpa menit untuk mencoba nya lagi.

Eror pada HP Android, Nah ini masalah yang umumnya sering terjadi pada pengguna Android, misalnya saja Touchscreen, layar keyboard tidak muncul, hang, stack ataupun bootloop.

Ini merupakan masalah masalah umum yang bisa kalian atasi sendiri dengan mereset ponsel kalian kepengaturan pabrik. Berbeda jika kalian mengalami masalah bootloop ada proses Android, kalian harus menginstal atau rooting proses dengan bantuan para ahli service HP.

Itulah penjelasan singkat tentang Cara Reset HP Android yang bisa kalian lakukan sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk membagikan ilmu ini kepada teman teman yang lain. Terima Kasih.

You May Also Like

About the Author: Raffasya Nayanika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *