Cara Menonaktifkan Windows Defender

Cara Menonaktifkan Windows Defender

Cara Menonaktifkan Windows Defender secara permanen atau sementara pada windows 7, 8, 10 tidak memerlukan aplikasi tambahan.

Windows Defender merupakan antivirus bawaan yang terdapat pada setiap instalasi windows. Kerena banyak aplikasi tambahan yang diproteksi oleh widows defenter ini membuat risih parang pengguna.

Tapi kalian tidak perlu kawatir karena perangkat yang dikembangkan oleh Microsoft ini bisa kalian nonaktifkan secara permanen ataupun sementara.

Untuk kalian yang belum mengerti cara menonaktifkan windows defender kalian bisa membaca dan menyimak penjelasan yang ada dibawah ini.

Cara Menonaktifkan Windows Defender

Cara Menonaktifkan Windows Defender

Pernahkah kalian menginstal aplikasi di Windows tetapi Windows Defender memblokirnya? Padahal, hal tersebut cukup mengganggu. Untuk memperbaiki masalah ini, kalian perlu mengetahui cara menonaktifkan Windows Defender untuk sementara dan permanen agar kalian bisa dengan mudah menginstal aplikasi di PC atau laptop kalian.

Windows Defender telah ada sejak lama sejak versi Windows 10. Untuk Windows 10, Windows Defender hadir dengan fitur anti-malware yang berguna untuk melindungi komputer dan data kalian dari virus ransomware, spyware dan berbagai jenis malware lainnya.

Windows Defender sangat membantu dalam menjaga keamanan komputer kalian dari serangan peretas. Aplikasi ini bekerja dengan cara memblokir aplikasi mencurigakan yang diyakini mengandung virus.

Windows sangat memperhatikan keselamatan penggunanya agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

Namun, ada kalanya kita tidak membutuhkan Windows Defender karena itu selalu memblokir aplikasi yang ingin kalian instal. Kalian harus menonaktifkan Windows Defender terlebih dahulu untuk menginstal aplikasi yang diblokir.

Baca Juga:  Cara Memindahkan Kontak HP

Terkadang Windows Defender juga akan mendeteksi dan memblokir aplikasi antivirus pihak ketiga. Meskipun aplikasi antivirus seperti Avast, Kaspersky, Avira dan berbagai aplikasi antivirus lainnya aman dan banyak digunakan, Windows Defender mendeteksi aplikasi antivirus tersebut sebagai mencurigakan.

Jadi bagaimana kalian bisa menonaktifkan Windows Defender untuk sementara atau selamanya? Jika kalian menggunakan Windows 8.1 dan Windows 10,Kalian tidak bisa menghapus aplikasi Windows Defender dari komputer. Karena pada dasarnya Windows Defender adalah aplikasi standar Windows.

Namun, kalian tidak perlu khawatir, karena kalian masih bisa menonaktifkan fitur Windows Defender. Beberapa metode ini dapat dilakukan melalui pengaturan keamanan Windows, editor registri, atau layanan.

Cara Menonaktifkan Windows Defender untuk sementara

Metode pertama ini memungkinkan kalian untuk menonaktifkan Windows Defender untuk sementara. Cara ini sangat efektif karena kalian bisa menyalakannya kembali saat kalian membutuhkannya.

Untuk menonaktifkan sementara Windows Defender di Windows 10:

  • Pertama, jalankan aplikasi Windows Defender.
  • Atau klik Start dan ketik Windows Defender.
  • Saat terbuka, klik menu Virus dan perlindungan ancaman.
  • Di bagian Perlindungan virus dan ancaman, klik opsi Kelola pengaturan.
  • Nonaktifkan opsi perlindungan Real-time
  • Selesai.

Setelah mengikuti panduan di atas, Windows Defender akan menonaktifkan perlindungan waktu nyata. Ini berarti kalian bisa dengan bebas menginstal aplikasi dan melakukan tugas-tugas tertentu yang tidak dapat dilakukan sebelumnya karena Windows Defender memblokirnya.

Jika kalian ingin mengaktifkan kembali perlindungan real-time Windows Defender, cukup aktifkan atau nonaktifkan opsi tersebut. Cukup mudah, bukan?

Baca Juga:  Cara Defrag Disk Windows 7

Cara Menonaktifkan Windows Defender secara permanen

Cara Mematikan Windows Defender

Jika kalian tidak memerlukan Windows Defender Antivirus karena cukup mengganggu, pertimbangkan untuk mematikan Windows Defender secara permanen.

Kalian bisa menonaktifkan Windows Defender secara permanen tanpa perlu aplikasi tambahan. Ada dua cara untuk melakukannya. Yang perlu kalian lakukan adalah membuat beberapa perubahan pada regedit atau konfigurasi layanan.

Dengan Regedit

Metode ini agak rumit, tetapi ini adalah cara paling ampuh untuk mencegah Windows Defender memblokir aktivitas di komputer dan laptop Windows 10 kalian.

Cara menonaktifkan Windows Defender melalui regedit:

  • Buka menu Run atau tekan CTRL + R pada keyboard.
  • Kemudian ketik regedit di kolom Run dan tekan Enter.
  • Di regedit, buka folder HKEY_LOCAL_MACHINE \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Services \ SecurityHealthService.
  • Klik dua kali opsi Start di panel kanan.
  • Ubah nilainya menjadi 4 dan dengan basis heksadesimal.
  • Kemudian klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Pada langkah terakhir, restart laptop atau komputer kalian.
  • Selesai, Windows Defender telah dinonaktifkan secara permanen.

Kalian masih bisa mengaktifkan kembali Windows Defender. Ubah saja nilai awal menjadi angka 2 dan restart laptop atau PC kalian.

Melalui layanan msc

Selain Regedit, kalian juga bisa menggunakan pengaturan Layanan untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen di Windows 10.

Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan Windows Defender secara permanen:

  • Tekan Ctrl + R, ketik services.msc, dan tekan Enter.
  • Dalam menu Services, klik kanan Windows Defender dan pilih Properties.
  • Kemudian, pada tab General, ubah jenis Startup ke Disable.
  • Klik tombol Apply dan kemudian OK untuk menerapkan perubahan.
  • Terakhir, kalian harus merestart PC atau laptop kalian.
  • Selesai.
Baca Juga:  Cara Logout Gmail di Android

Jika kalian ingin mengaktifkan kembali Windows Defender, ulangi saja langkah-langkah di atas tetapi ubah jenis startup menjadi Otomatis.

Meskipun kalian sudah tahu cara menonaktifkan Windows Defender secara permanen dan sementara, menggunakan komputer tanpa perangkat lunak antivirus tidak disarankan.

Ketika kalian mematikan Windows Defender karena kalian tidak terlalu tertarik dengan antivirus Windows Defender. Kalian bisa mencoba software antivirus alternatif lain seperti Avast, Avira, Kaspersky, atau lainnya.

Itulah penjelasan singkat tentang Cara Menonaktifkan Windows Defender. Kalian bisa membagikan ilmu ini kepada teman teman kalian yang lain. Semoga bermanfaat, Terima Kasih.

You May Also Like

About the Author: Raffasya Nayanika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *