Cara Mengunci File Exel

Cara Mengunci File Exel

Cara mengunci file excel (protect) dan worksheet dengan password untuk mengamankan file penting dengan mengunakan fitur Encrypt Document

Hallo sobat ketemu lagi nih dengan Gamemod yang sekalian membagikan ilmu – ilmu dan tips dan trick yang berguna untuk memudahkan kalian dalam kehidupan. Kali ini kita akan mejelasakan sedikit tentang cara mengunci file exel yang berguna untuk mengamankan file – file penting kalian.

Cara Mengunci File Exel

cara mengunci file excel

Microsoft Office menawarkan banyak produk yang berguna untuk memperlancar aktivitas kita. Selain Microsift Excel, masih banyak produk Microsoft Office seperti Microsoft Word, Excel, PowerPoint dan lainnya.

Microsoft Excel ini bisa kalian gunakan untuk mendukung pekerjaan lebih mudah, tetapi khusus untuk perhitungan dan tabel. Di Microsoft Excel, kalian bisa menggunakan rumus untuk menghitung, jadi kalian tidak perlu pusing jika mendapat pekerjaan tentang pnghitungan.

Karena MS Exel ini juga sudah menyediakan banyak rumus untuk kalian gunakan. Microsoft Excel memiliki banyak fitur – fitur hebat yang bisa kalian gunakan.

Ini juga berlaku bagi kalian yang memiliki file penting yang tidak bisa dibuka orang lain. Kalian bisa menggunakan fitur Enkripsi Dokumen di Microsoft Excel untuk mengunci file.

Mengunci file Excel juga cukup mudah apa lagi disetiap pekerjaan saat ini tentunya membutuhkan program microsoft office. Nah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengunci file yang ada di microsoft excel dengan mudah.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Kamera Laptop

Cara membuat password di Excel

Mengatur kata sandi untuk Microsoft Excel itu sebenarnya sangat mudah. Jika kalian menggunakan Microsoft Office 2007 dan Microsoft Office 2010, proses pengaturan kata sandi di Microsoft Excel sedikit berbeda. Kalian bisa mengeikuti langkah – langkah yanga ada dibawah ini untuk membuat password di file kalian.

Cara mengunci file Excel dengan “Encrypt Dokumen”

Kalian bisa menggunakan fitur Enkripsi Dokumen untuk memasukkan kata sandi atau mengunci file Microsoft Excel. Tidak perlu bingung, yang perlu kalian lakukan hanyalah mengikuti cara – cara dibawah ini.

  • Pilih file Excel yang ingin kalian kunci
  • Jika kalian sudah menemukannya, buka file Excel.
  • Untuk kalian yang menggunakan Microsoft Office 2007, kalian bisa mengklik tombol Logo Office di sudut kiri atas
  • Kemudian klik Siapkan dan pilih Enkripsi dokumen.
  • Untuk kalian yang menggunakan Microsoft Office 2010, kalian bisa mengklik File di sebelah Mulai.
  • Kemudian klik Information, kemudian klik Protect Book. Kemudian pilih Enkripsi dengan kata sandi
  • Lalu setelah muncul pop up kalian bisa untuk memasukkan kata sandi yang ingin kalian buat.
  • Kalian bisa membuat sandi dengan huruf dan angka yang kalian sukai. Saya merekomendasikan untuk menggabungkan huruf dan angka dan juga menggunakan huruf kecil dan huruf besar untuk alasan keamanan. Lalu klik OK
  • Masukkan kata sandi yang sebelumnya dimasukkan pada layar pop up tadi dan klik OK
  • Selesai
Baca Juga:  Cara Instal XAPK

Sebagai pengingat, jika kalian mengunci file Excel dengan kata sandi, jangan gunakan kata sandi yang terlalu rumit. kalian bisa menggunakan password yang mudah diingat dan tentunya sulit ditebak orang lain.

Cara Mengunci Worksheet Excel

cara mengunci file excel

Selain mengunci file excel kalian juga bisa mengunci work sheet yanga da pada lembar kerka microsoft exel. Kalian bisa mengunci sebanyak mungkin lembar kerja yang kalian inginkan.

Untuk mengunci worksheet kalian bisa mengikuti langkah – langkah yang akan dijelaskan dibawah ini.

  • Pilih file Excel yang ingin kalian kunci lembar kerjanya
  • Kesempatan ini kita akan menggunakan Microsoft Office 2007
  • Setelah membuka file Excel, cari menu Review dan klik di atasnya
  • Kemudian klik Protect Sheet
  • Kemudian akan muncul jendela popup untuk kata sandi.
  • Kalian bisa memasukkan kata sandi yang diinginkan
  • Kemudian pilih OK

Kesimpulan

Mengunci file Excel yang sudah dijelaskan diatas sangatlah mudah. Selain melindungi file Excel kalian, Kalian juga bisa mengunci lembar kerja di Microsoft Excel dan membuatnya dua kali lebih aman.

Itulah penjelasan saingkat tentang cara mengunci file exel, sheet dn juga workbook. Jadi kalian bisa mengamankan file – file penting agar tidak dilihat oleh orang lain. Semoga bermanfaat!! Terima Kasih.

Baca Artikel Lainnya:

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

You May Also Like

About the Author: Raffasya Nayanika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *