Cara Defrag Disk Windows 7

Cara Defrag Windows 7

Cara Defrag Disk Windows 7 Tidak jauh berbeda dengan Windows XP dan berfungsi Untuk meingkatkan kinerja Laptop atau PC agar tidak lemot.

Menggunakan laptop ataupun PC secara terus menerus akan membuat menurunnya performa kecepatan yang ada pada laptop kalian. Walaupun kalian menggunakan nya secara terus menerus kalian juga harus melakukan sedikit perawatan pada laptop kalian.

Salah satunya dengan melakukan defrag Windows. Melakukan defrag windows ini akan sangat bermanfaat untuk kalian dan bisa membut jalannya perogram menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Perangkat yang dirilis oleh Microsoft ini memiliki banyak sekalia fungsi fungsi yang bisa memudahkan kita semua dalam melakukan pekerjaan. Akan tetapi jika kita menggunakannya secara terus menerus akan membuat laptop atau PC lemot itulah sebebnya kita harus melakukan defrag disk.

Melakukan defrag secara teratur bisa membantu dalam memelihara komputer atau laptop kalian menjadi lebih ringan. apakah kalian pengguna windows 7? jika iya, kalian sangat beruntung karena kelakukan defrag windows itu terbilang sangat mudah dan tidak rumit.

 Defrag sering terjadi saat kinerja laptop atau komputer menjadi semakin lambat, itulah sebabnya kalian harus melakukan defrag windows. Masalah ini terjadi karena hard disk berisi banyak file terpisah dan tidak teratur.

File-file ini biasanya berbentuk fragmen, atau bisa disebut juga fragment, yang muncul karena kalian menginstal, menghapus, atau memodifikasi program sehingga file tersebut dibuat di hard drive komputer.

Baca Juga:  Cara Mengetahui IP Address Komputer

Jika file sekarang dipisahkan dan didistribusikan di hard drive, kinerja komputer akan menurun. Namun, kalian bisa mengatasinya dengan defragmenting agar file kalian lebih mudah diatur.

Untungnya, pengguna Windows 7 dapat melakukan defragmentasi langsung dari fungsi yang disediakan oleh Windows 7. kalian bahkan dapat memilih agar fungsi defragmentasi berjalan secara otomatis dan rutin dengan membuat jadwal.

Untuk kalian yang ingin belum mengetahui tentang Cara Defrag Windows 7, kalian bisa membaca dan mengikuti penjelasan yang ada dibawah ini.

Cara Defrag Disk Windows 7

Cara Defrag disk Windows 7

Mendefragmentasi komputer atau laptop Windows 7 adalah tugas yang sangat sederhana. Alasannya adalah kalian hanya perlu mengakses fungsi dengan beberapa langkah.

Berikut cara mendefrag Windows 7 dengan mudah:

  • Klik gambar Windows dibagian bawah layar.
  • Ketik “Disk Defragmenter” di kotak pencarian.
  • Selanjutnya, jendela Defragmentasi muncul.
  • Pilih hard drive yang ingin kalian defragmentasi.
  • Kemudian klik tombol Disk Defragmentasi untuk memulainya.
  • Sekarang kita tinggal menunggu prosesnya selesai.

Setelah proses defragmentasi selesai, kalian akan berhasil mendefragmentasi hard drive yang dipilih. Kalian juga bisa memilih lebih dari satu hard drive untuk didefragmentasi secara bergantian.

Cara mendefrag hard drive Windows 7

Cara Defrag disk Windows 7

Nyatanya, Windows 7 juga memiliki cara yang lebih mudah dan cepat untuk mendefrag hard drive. Karena yang harus kalian lakukan adalah pergi ke File Explorer dan tentukan hard drive mana yang akan didefrag.

Baca Juga:  Cara Update Bios Komputer / Laptop

Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama buka file explorer di pc atau laptop kalian.
  • Buka folder My Computer untuk melihat hard drive.
  • Klik kanan pada hard drive yang ingin kalian defragmentasi.
  • Kemudian pilih opsi Properties.
  • Buka tab Tools> menu dan klik Defragment Now.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.

Waktu yang diperlukan untuk mendefrag hard drive di Windows 7 tergantung pada ukuran dan kondisi hard drive. Sangat mudah bukan?

Jadwalkan defragmentasi di Windows 7

Jika kalian sangat bergantung pada fitur defrag di Windows 7 karena harddisk yang kalian gunakan sangat terbatas. Oleh karena itu, ada baiknya menggunakan fitur defragmentasi jadwal agar dapat berjalan secara otomatis.

Untuk mendefrag hard drive Windows 7 secara otomatis:

  • Klik pada logo Windows dan ketik “Defragmenter” di kolom.
  • Selanjutnya, jendela Defragmentasi muncul.
  • Kemudian klik tombol Konfigurasi Jadwal.
  • Pilih kotak centang Jalankan sesuai jadwal.
  • Konfigurasikan jadwal defragmentasi dalam opsi Frekuensi, Hari dan Waktu.
  • Di bagian Disk, centang disk yang ingin kalian defragmentasi.
  • Pada langkah terakhir, klik tombol OK.
  • Selesai.

Pastikan kalian telah mengkonfigurasi program defragmentasi dengan benar. Sangat disarankan untuk melakukan defragment hardisk saat komputer Windows 7 saat tidak digunakan agar prosesnya berjalan dengan lancar dan tanpa halangan.

Itulah penjelasan singkat tentang Cara Defrag Disk Windows 7 kalian bisa melakukannya dengan mudah. dan jangan lupa untuk membagikan ilmu kepada teman teman yang lain. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih.

Baca Juga:  Pengertian Internet

You May Also Like

About the Author: Raffasya Nayanika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *