Cara Backup Data Android

Cara Backup Data Android

Cara Backup Data Android ini akan memudahkan para pengguna untuk memulihkan data dan file setelah mereset smartphone dengan mudah dan aman

Backup data Android merupakan hal yang harus dilakukan jika kalian mereset smartphone, Ini sangat penting karena jika kalian tidak membackup data kalian bisa saja semua data yang tersimpan akan hilang.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membackup semua data kalian pada smarthphone android. Ini bukan saja untuk membackup foto dan video kalian, kalian bisa juga membackup kontak dan beberapa data yang ada pada aplikasi aplikasi yang kalian gunakan.

Untuk kalian yang ingin mengetahui bagaimana cara backup data android kalian bisa menyimak beberapa langkah langkah dibawah ini agar kalian tidak salah dalam melakukan nya

Cara Beackup Data Android

Cara Backup Data Android

Meski jarang terjadi, kalian perlu mengetahui cara backup data di HP Android. Karena dengan membackup file atau data di hp android bisa menjadi solusi jika data kalian hilang jadi kalian bisa mengembalikan data kalian seperti semula.

Pengguna smartphone sekarang memiliki banyak sekalia data yang tersimpan mulai dari foto dan video sampai semua data yang ada yang ada didalam aplikasi seperti WhatsApp, Line atau bahkan kontak yang disimpan dalam handphone.

Pastinya kalian tidak ingin kehilangan semua data kalian saat kalian mereset smartphone. Data data pribadi kalian akan aman jika kalian membackupnya terlebih dahulu.

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan jika kalian tidak ingin kehilangan data berharga kalian. salah satu nya adalah membackup data jadi kalian tidak perlu takut jika file kalian tiba tiba menghilang semuanya.

Saat sebuah smartphone mengalami masalah tentunya kalian akan melakukan reset pabrik mengembalikan semua nya seperti saat kalian baru membali ponsel. Ada juga cara lain jika kalian ingin menyimpan foto dan juga video.

Baca Juga:  Cara Membuka Brankas Pribadi Oppo

Kalian bisa menyambungkan ponsel kalian ke laptop atau PC dengan kabel data USB kalian tinggal mengcopy pastekan semua data kalian kedalam laptop.

Cara backup file dan data dari HP Android

Mencadangkan file dan data di ponsel Android sangat mudah. Dengan mencadangkan semua file kalian itu, kalian bisa memulihkan semua data dan file di ponsel Android kalian jika perlu.

Mencadangkan semua file dan data di ponsel Android itu sangat mudah, ada lima pilihan yang bisa kalian ikuti seperi yang ada dibawah ini.

Cara Backup Data Android

1. Cara membuat cadangan data Android dengan akun Google

Dari semua jenis dan tipe ponsel dengan prosesor Android pastinya memiliki fitur untuk membackup data dan file dengan akun Google. Ini merupakan cara yang sangat mudah kalian hanya perlu menautkan sebuah akun google pada ponsel kalian.

Dengan akun google ini juga kalian bisa menyimpan semua kata sandi yang ada pada aplikasi aplikasi yang bisanya kalian gunakan.

Kalian hanya perlu membuat sebuah akun Gmail untuk mencadangkan semua file kalian. kalian bisa mengikuti langkah yang ada dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan untuk ponsel Android Anda.
  • Kemudian pilih menu Sistem.
  • Pilih Backup dan setel ulang.
  • Aktifkan Google Backup atau Cadangkan data saya.

Jika kalian sudah mengaktifkan backup data Google jangan lupa untuk aktifkan menu singkronisasi jadi semua data akan akan otomatis terbackup seperti history telphone dan pengaturan aplikasi lainnya.

Dan jika kalian ingin menambahkan kontak baru jangn lupa langsung pilih simpan pada akun Google atau Gmail jadi akan otomastis tersimpan

2. Melalui backup lokal

Sebagian besarponsel Android saat ini atau yang baru saja rilis tentu nya disisipkan sebuah fitur backup manual yang ada pada pengaturan smarthphone. Backup manual atau local backup ini juga akan memudahkan pengguna untuk menyimpan data yang ada pada ponsel.

Baca Juga:  Cara Defrag Disk Windows 7

Local Backup ini tentunya memiliki fungsi yang sama dengan akun Google itu untuk membackup semua data dan juga file kalian. Kalian tentunya diharuskan untuk login sesuai merek ponsel yang kalian gunakan.

Misal nya jika kalian menggunakan ponsel merek Xiaomi, kalian diharuskan untuk membuat akun MiCloud untuk membackup semua fila penting kalian.

Nah untuk melakukan pencadangan kalian bisa mengikuti langkah langkah yang ada dibawah ini.

  • Pertama kalian buka menu setting di ponsel Android Anda.
  • kemudian pilih menu Sistem.
  • Pilih menu Cadangkan dan setel ulang.
  • Lalu pilih opsi Pencadangan lokal.

walaupun cara ini bisa membackup data kalian akan tetapi untuk beberapa aplikasi tidak support, tidak seperti jika kalian menggunakan akun google.

3. Easy Backup & Restore

Selain dari 2 cara diatas ada cara lain bisa kalian lakukan, akan tetapi cara kali ini kalian harus mendownload sebuah aplikasi yang bernama Easy Backup & Restore.

Aplikasi ini pun sangat mudah untuk kalian gunakan hampir sama dengan 2 cara yang ada diatas.

Dengan menggunakan aplikasi ini kalian bisa mencadangkan kontak, bookmark browsing, kalender, riwayat panggilan, dan banyak data yang ada pada aplikasi.

Akan tetapi kekurangan dari aplikasi ini tidak mencadangkan foto, video, dokumen, dan file yang ada pada galery kalian. Jadi kalain harus menyalin nya dengan kabel data ke laptop kalian terlebih dahulu

4. Cara backup melalui Titanium Backup

Cara backup data dan file di hp Android lainnya adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Titanium Backup. Aplikasi ini sangat banyak digunakan oleh para penguna smartphone Android karena sangat simple untuk digunakan dan juga semua data data nya aman.

Baca Juga:  Pengertian Internet

Aplikasi ini bisa kalian gunakan dengan cara mendownload nya, akan tetapai untuk sebagian ponsol harus melakukan rooting untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Kalian bisa mengikuti cara cara yang ada dibawah ini untuk mencadangkan data Android melalui aplikasi Titan Backup:

  • Unduh aplikasi Titanium Backup dari Playstore.
  • Setelah kalian selesai mendownload buka aplikasina
  • Buka menu Cadangkan / Pulihkan yang ada pada bagian atas.
  • Lalu pilih menu Tindakan Batch.
  • Pilih backup Semua Aplikasi Pengguna + Cadangkan Data Sistem untuk mencadangkan data dan aplikasi.
  • Tinjau aplikasi yang ingin kalian cadangkan.
  • Tunggu sampai proses backup selesai.

Agar tidak hilang kalian bisa menyimpan data backup kalian kedalam laptop atau kartu SD.

5. Cara backup file / data Android ke PC

Untuk kailan yang tidak ingin susah payah mencadangkan foto, video dan file -file yang ada pada galery kalian bisa mencadangkan dedalam laptop. dan pastinya cara ini ngan aman untuk digunakan.

Kalian hanya butuh kabel data USB dan menghubungkan nya kedalam laptop atau PC kalian. Lalu kan tinggak mengcopy semua file kalian kedalam saru folder biar tidak susah untuk dicari.

Itulah penjelasan beberapa Cara Backup Data Android yang ada diatas, kalian tinggal pilih cara mana yang ingin kalian lakukan dan cara mana yang menurut kalian mudah.

Jadi sebelum kalian melakukan reset ponsel, kalian bisa mengamankan semua data kalian. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa untuk share keteman teman yang membutuhkan. Terima Kasih.

You May Also Like

About the Author: Raffasya Nayanika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *